Polres Morowali berhasil amankan jalannya sidang adjudikasi. Pasangan HARISMA kembali bertarung

Tribratanews Resmorowali. Jelang putusan sidang adjudikasi dalam perkara permohonan penyelesaian sengketa Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Morowali 2018 terkait tidak di tetapkannya Bapaslon Haris Nunu-Ismail Suaib ( Harisma ) sebagai Calon Bupati-Wakil Bupati pada tahapan penetapan Calon Bupati-Wakil Bupati Morowali tanggal 12 Februari 2018 antara pihak Pemohon (Bapaslon Harisma) dan pihak Termohon (Kpud Kab. Morowali) dengan agenda pembacaan putusan.

Polres Morowali dengan dibantu personel BKO dari Ditsabahara Polda Sulteng dan Satu pleton Subden IV B Brimob Pelopor Morowali yang disiagakan di Posko Ops Mantap Praja Kinambuka 2018 melaksanakan pengamanan dengan kekuatan penuh untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi sebelum maupun sesudah pembacaan putusan.(26/2/2018).

Sidang yang dimulai sekitar pukuk 15.00 wita, bertempat di Aula penginapan Anunta Baru kel. Bungi Kec. Bungku Tengah Kab. Morowali, dihadiri oleh Ketua dan anggota Panwaslu Kab. Morowali sebagai Majelis Musyawarah, staf sekretariat Panwaslu, staf KPU Pr. Anita, kuasa hukum Harisma, lk. Baron Harahap Saleh SH, MH, lk. La Samiru SH, lk. La Ode Muhran sebagai pemohon dengan jumlah yang hadir kurang lebih 20 orang.

Adapun pembacaan hasil Putusan penyelesaian sengketa proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Morowali tahun 2018 bahwa berdasarkan gugatan pemohon terkait permasalahan LHKPN sehingga paslon Haris Nunu – Ismail Suaib tidak ditetapkan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Morowali Tahun 2018 dan juga jawaban termohon serta keterangan para saksi yang dihadirkan dalam pelaksanaan sidang untuk itu berdasarkan pertimbangan Panwaslu Kab. Morowali bahwa hasil keputusan sidang adalah sebagai berikut :
1. Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian
2. Membatalkan keputusan berita acara KPU tentang penetapan pasangan calon 12 Februari 2018
3. Meminta KPU Kab. Morowali untuk menerima dokumen perbaikan syarat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Morowali Tahun 2018
4. Meminta KPU Morowali untuk melaksanakan keputusan ini 3 hari setelah keputusan dibacakan

Mendengar pasangan Bapaslon Haris Nunu-Ismail Suaib ( Harisma ) dapat ikut kembali dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018. Massa yang berjumlah sekitar 80 orang tersebut merasa senang, dengan dikawal Satuan Lalu Lintas dan Unit Patmor Disabhara Polda Sulteng Massa Harisma melakukan konvoi mengelilingi kota Bungku sebagai wujud kegembiraan mereka.

Kegiatan berakhir dengan aman tertib dan lancar.Polres Morowali mengharapkan kepada seluruh warga Kabupaten Morowali agar tidak mudah terhasut oleh isu-isu yang berkembang yang ingin menggagalkan jalannya pesta demokrasi ini dan yang tidak ingin melihat Kabupaten Morowali ini damai.

Berita Terkait