Antisipasi Masuknya Barang Berbahaya, KPPP Luwuk Rutin Lakukan Pemeriksaan

Tribratanewspoldasulteng.com – Personil Polres Banggai yang bertugas di Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Luwuk intens melakukan pemeriksaan untuk memastikan Keselamatan pelayaran sebelum kapal meninggalkan pelabuhan.

“Semua barang-barang penumpang kami periksa dulu,” KPPP Luwuk, Iptu Andi Syamsuri kepada awak media di, Kamis (10/1/2019).

Ini untuk mengantisipasi penumpang membawa barang- barang berbahaya yang bisa menimbulkan insiden saat pelayaran. Apalagi pernah terjadi insiden pembacokan penumpang pada 2016 silam.

“Kami periksa jangan sampai penumpang bawa benda tajam atau bahan peledak, karena sangat berbahaya,” tutur Iptu Andi.

Selain itu, polisi juga mengantisipasi keluar masuk miras dan narkoba melalui pelabuhan. Pasalnya, salah satu akses peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Banggai Laut, Banggai maupun Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara melalui Luwuk, Kabupaten Banggai.

“Makanya kami benar-benar fokus pemeriksaan,” tutur mantan Kapolsek Batui ini.

Sejauh ini kata Iptu Andi, belum ditemukan barang-barang berbahaya selama pelayaran. Baik kapal keluar masuk. Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin agar keamanan di pelabuhan maupun saat pelayaran tetap aman dan kondusif.*Humas Polres Banggai

Berita Terkait