20 Liter Minyak Goreng Bekas Pakai Terjaring Operasi Bina Kusuma Touna 2018

Tribratanewspoldasulteng – Polres Touna, Kegiatan Operasi Bina Kusuma Touna 2018 Kepolisian Resor Tojo Una Una hari ini, jumat (21/9) dilaksanakan. Kali ini yang menjadi sasaran pemeriksaan adalah barang penumpang di Biro Angkutan Penumpang dan Barang PO. antar Kota dan antar Propinsi yang ada di Kecamatan Ampana Kota dan Kecamatan Ratolindo.

Kasat Binmas Polres Touna Iptu Ramli Abd. Rasyid membagi anggota menjadi 3 tim dan melakukan pemeriksaan di tempat-tempat berbeda. Tim 1 yang dipimpin oleh Iptu Yahya selaku Kasubaglat Bagsumda mendapat pengeluhan dari Pemilik PO. Touna Indah yang mana mereka sulit/tidak kebagian mendapatkan BBM jenis Solar untuk kendaraan mereka, hal ini dikarenakan petugas nosel lebih mengutamakan jerigen dari pada kendaraan Roda 4 yang menggunakan BBM jenis solar, ia menjelaskan mereka akan pergi mengajukan keberatan ke Seksi ekonomi dan pembangunan (ekbang) untuk meminta agar Pemerintah Daerah dapat menertibkan untuk mempermudah dalam pengisian BBM untuk kendaraan roda 4 Angkutan penumpang dan Barang.

Sedangkan Tim 2 yang dipimpin oleh Kasi Propam Ipda Djabalnur Djali menemukan 4 jerigen kecil yang berisi 20 liter minyak goreng bekas pakai di PO. Togean indah travel. Menurut keterangan supir, minyak tersebut dikirim dari palu oleh lelaki bernama Hasan dengan tujuan pengiriman atas nama Kendari Lalasan (ayahnya) yang beralamat di Batampolo Kelurahan Dondo Kecamatan Ratolindo, namun supir tersebut tidak mengetahui minyak bekas tersebut digunakan untuk apa.

Berdasarkan temuan-temuan yang didapat oleh tim, Kasat Binmas Polres Touna seketika menghimbau kepada para pemilik PO bahwa kiranya perlunya uji kelayakan kendaraan secara berkala dan memperhatikan kelayakan kendaraan serta kelengkapan surat-surat izin kendaraan dan juga agar mengkoordinasikan dengan dinas terkait untuk membicarakan kelangkaan BBM yang menyebabkan banyak kendaraan Roda 4 pengangkut penumpang dan barang sulit mendapatkan BBM jenis solar maupun Bensin.

Kemudian mendatangi  rumah saudara Kendari Lalasan dan mengkonfirmasi kegunaan dari minyak goreng bekas pakai tersebut. Dari keterangan saudara Kendari, minyak goreng bekas pakai tersebut di oleskan ke kain dan disebar disekitar pagar kebun jagung miliknya untuk mengusir babi hutan. (Rizal Arief – PID Humas Res Touna)

Berita Terkait